BNI Berhasil Raih Pengembang API Portal Terbaik di Ajang DevPortal Awards 2020

- 27 November 2020, 06:15 WIB
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI fokus pada pemberdayaan UMKM Go Digital.
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI fokus pada pemberdayaan UMKM Go Digital. /Dok. BNI/

WARTA PONTIANAK – BNI Application Programming Interface (API) Digital Services menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang berhasil masuk sebagai nominasi ajang DevPortal Awards 2020.

Bahkan, dalam ajang penghargaan yang diperuntukan bagi Portal API terbaik ditingkat internasional ini, BNI berhasil memenangkan kategori Best Overall Developer Portal – Community Prize Nominees (https://devportalawards.org/winners), bersaing dengan 32 API Portal dari perusahan global negara lain. Selain itu, BNI juga masuk dalam nominasi Best Onboarding dan Best Accessible Devportal.

Seperti diberitakan Pikiran-Rakyat.com dalam artikel berjudul "Kalahkan 32 Perusahaan Global, BNI Jadi Pengembang API Portal Terbaik", kegiatan Gala DevPortal Award 2020 dilaksanakan secara daring pada Rabu 25 November 2020.

Baca Juga: Bupati Muda Puji Program Bank Indonesia Majukan UMKM

Dalam acara tersebut, Direktur TI dan Operasi BNI, YB Hariantono menceritakan secara singkat proses membangun API portal. Mulai dari aplikasi sederhana dengan berbagai kendala yang dihadapi, sampai menjadi portal yang lengkap dengan berbagai fitur seperti sandboxing, fitur dokumentasi dan onboarding support system, serta telah membentuk komunitas ekosistem banking services bagi penggunanya.

Menurut Hariantono, BNI sebagai pionir di sektor perbankan dalam menerapkan open API di Indonesia melalui slogan 3S, yaitu Sign up, Sandboxing, and Start your business, memiliki jumlah layanan API services yang lengkap dan kerja sama dengan pihak ke-3 terbesar di Indonesia.

Fitur ini menjangkau seluruh segmen industri bisnis digital baik korporasi, menengah dan kecil khususnya UMKM digital.

Baca Juga: PFI Mega Life dan Permata Bank Luncurkan Mega Loan Protection

"Tim API yang dimiliki BNI bukanlah tim yang besar, namun tim API berhasil karena belajar dari kesalahan dan pengalaman sebelumnya," ujarnya.

Halaman:

Editor: Yuniardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x