PT Pertamina Regional Kalimantan Setor Rp608 Miliar PBBKB ke Provinsi Kalbar

- 30 Januari 2023, 12:22 WIB
PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan menyetorkan sebesar Rp608 Miliar ke Provinsi Kalimantan Barat sepanjang tahun 2022 sebagai WAPU PBBKB
PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan menyetorkan sebesar Rp608 Miliar ke Provinsi Kalimantan Barat sepanjang tahun 2022 sebagai WAPU PBBKB /Diba/

WARTA PONTIANAK – Sebagai bentuk Tanggung Jawab Perusahaan sebagai Wajib Pungut (WAPU) Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan menyetorkan sebesar Rp608 Miliar ke Provinsi Kalimantan Barat sepanjang tahun 2022.

Atas prestasi tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Sekretaris Daerah Kalbar, Dr. Harisson Aszroi, menyerahkan penghargaan kepada PT Pertamina Patra Niaga yang diwakilkan oleh Choirul Anwar, Sales Branch Manager Pertamina Patra Niaga di Kota Pontianak sebagai perusahaan yang berkontribusi terhadap daerah.

Dalam keterangan persnya, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, mengungkapkan bahwa PBBKB disetorkan setiap bulannya sepanjang tahun di seluruh wilayah Indonesia.

“PBBKB diperoleh dari BBM yang dibeli oleh konsumen sebesar 5 persen, 7,5 persen atau 10 persen per liternya tergantung aturan di setiap daerah di Indonesia. Artinya, masyarakat yang membeli produk BBM sebenarnya juga memberikan kontribusi ke daerahnya dalam bentuk Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor,” ujar Arya dalam rilis persnya yang diterima pada Senin 30 Januari 2023.

Di wilayah Kalimantan, PT Pertamina Patra Niaga menyetorkan sebesar total Rp 5,91 triliun dari PBBKB yang diberikan ke pemerintah provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

Baca Juga: TPPD Tertibkan Tempat Usaha Nunggak Pajak, Objek Pajak Dilabeli Stiker Dalam Pengawasan

“Dari PBBKB tersebut, kami berharap pembangunan daerah akan semakin maju dan PT Pertamina Patra Niaga senantiasa akan terus berkontribusi terhadap pembangunan tersebut,” tambah Arya.

Sementara Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menginginkan pencapaian ini dapat dipertahankan di tahun mendatang.

“Saya berharap 2023, dari aspek keuangan, pendapatan, bisa seperti di tahun 2022,” kata Sutarmidji.

Halaman:

Editor: Yuniardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x