Berbakti kepada Orang Tua Bukan Sekedar Balas Jasa, Ustadz Abdul Somad: Itu Perintah Langsung dari Allah

- 14 Juli 2022, 16:25 WIB
Ustadz Abdul Somad
Ustadz Abdul Somad /TAMAN SURGA NET

WARTA PONTIANAK - Agama Islam mengajarkan umatnya agar selalu memuliakan orangtua. Bahkan, Allah SWT dalam Alquran memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk selalu berbuat baik kepada kedua orangtua.

Tekait dengan hal ini, Ustaz Abdul Somad (UAS) mengingatkan untuk menjaga kedua orangtua selagi masih ada. Jangan sampai kemuudian menyesal setelah dia meninggal dunia karena penyesalan berakhir tak ada gunanya.

Baca Juga: UAS Cerita Buaya Adalah Hewan Setia, Jemaah yang Mendengar Spontan Tertawa

“Setelah orang tua tak ada, barulah kita rasa dunia ini hampa. Tak ada gunanya. Duit tak ada gunanya, rumah tak ada gunanya, mobil tak ada, apa pun tak ada gunanya,” kata UAS.

UAS mengatakan, biasanya setelah ibu tiada, seseorang akan mencari-cari kain yang pernah dia pakai dulu. Memegang sajadah yang dia pakai waktu salat sampai melihat tempat dimana dia sering duduk.

“Bekas tempat duduknya saja pun bisa menghilangkan rindu. Tapi setelah dia tak ada. Makanya mumpung dia masih ada, ciumlah tangannya, peluklah dia, ciumlah keningnya. Kalau kau ada duit kirimlah. Siapa orang yang kira-kira bisa digaji dibayar untuk memasakkan dia di rumah. Berkirimlah,” ujar UAS.

Baca Juga: Daftar Lomba Pakai Uang Itu Judi Kata UAS, Buya Yahya Beri Penjelasan Begini

Menurutnya uang yang banyak itu tidak ada gunanya lagi nantinya. Sebanyak apa pun kita menyimpannya, tidak ada rasanya lagi dan akan terasa hampa.

Berbakti kepada kedua orang tua merupakan naluri dan fitrah setiap manusia. Sebab dalam jiwa dan setiap orang tertanam sifat cinta dan hormat kepada kedua orang tuanya atau ibu dan bapaknya. Karena keduanyalah yang menjadi sebab kehadiran setiap orang ke dunia ini.

Allah Ta’ala berfirman: “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua” (QS. An Nisa: 36).

Halaman:

Editor: Faisal Rizal


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x