Jangan Konsumsi Garam Berlebih, Begini Efek Buruknya untuk Kesehatan

- 15 November 2022, 15:07 WIB
Ilustrasi garam
Ilustrasi garam /pexels/WARTA PONTIANAK

WARTA PONTIANAK - Garam adalah suatu bumbu yang sering digunakan untuk memasak, dan rasanya asin. Komposisi garam, terdiri dari sekitar 40 persen natrium dan 60 persen klorida. 

Terlepas dari fungsinya tersebut, ternyata mengkonsumsi terlalu banyak garam ternyata dapat memiliki efek yang buruk bagi kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Mengutip Healthline,  Adapun, efek yang akan dirasakan jika mengkonsumsi garam secara berlebihan adalah sebagai berikut :

Baca Juga: Usai Bercerai dengan Nathalie Holscher, Sule akan Biayai Adzam Uang Sebesar Rp 25 Juta per Bulan

1. Meningkatkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya garam dapat meningkatkan tekanan darah dan bahwa menurunkan kadar garam dari makanan seseorang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Pengurangan asupan garam sebesar 4,4 gram per hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik (angka pembacaan atas dan bawah) masing-masing hingga 4,18 mm Hg dan 2,06 mm Hg.

2. Meningkatkan Risiko Kanker Lambung

Sebuah ulasan termasuk lebih dari 268.000 peserta menunjukkan bahwa orang dengan asupan garam median 3 gram per hari mungkin memiliki risiko kanker perut 68 persen lebih tinggi daripada mereka yang asupan garam mediannya 1 gram per hari.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x