Belum Banyak Yang Tahu, Ternyata Daun Sambiloto Mampu Redakan Gejala COVID-19

- 1 Juni 2024, 13:50 WIB
Ilustrasi Daun Sambiloto
Ilustrasi Daun Sambiloto /Tangkap Layar/Youtube @Aprilia Beybie

WARTA PONTANAK - Tidak hanya Vaksin,suplemen dan obat-obatan, imun tubuh juga bisa ditingkatkan dengan ramuan herbal tradisional, yang salah satunya adalah tanaman yang kerap disebut mampu mencegah virus COVID-19 adalah daun sambiloto.

dr Inggrid menyampaikan Salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah dengan mengonsumsi imunomodulator, yakni zat yang dapat membantu menguatkan reaksi sistem imun tubuh.

Baca Juga: Faktor Genetik Ternyata Bisa Jadi Penyebab Penyeakit Jantung di Usia Muda

"Ada macam-macam herbal yang bisa membantu kita untuk menguatkan imunitas tubuh kita, artinya membantu daya tahan tubuh kita semakin kuat terhadap penyakit-penyakit infeksi, di antaranya supaya kita tidak gampang tertular COVID-19. Salah satu contohnya adalah herbal sambiloto," ungkap dr Inggrid

Daun sambiloto sudah digunakan oleh masyarakat Nigeria sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan, seperti demam dan sakit tenggorokan.

"Di Nigeria orang di sana biasa mengonsumsi tujuh lembar daun sambiloto mentah, dikunyah lalu ditelan, sebanyak dua sampai tiga kali sehari untuk meredakan demam, batuk, pilek, serta sakit tenggorokan," tuturnya.

TIdak hanya meredakan gejala penyakit, daun sambiloto juga ternyata dapat dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Ini Manfaat Kunyit Asam bagi Tubuh, Diantaranya Mengatasi Bau Badan

"Di samping itu, bisa dikonsumsi satu sampai dua kali sehari untuk meningkatkan imunitas," jelasnya.

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah