Tiongkok Kirim Kapal Mata-mata ke Laut China Selatan

- 16 Oktober 2020, 21:00 WIB
Tiongkok beri peringatan pada Vietnam soal Laut China Selatan /PIXABAY/GLABORDE7

WARTA PONTIANAK - Tiongkok dilaporkan telah mengirim kapal mata-mata ke kawasan sengketa Laut China Selatan sebagai peringatan untuk Vietnam.

Data pelacakan kapal mengungkapkan Beijing mengerahkan kapal survei mata-mata kontroversial yang dikawal oleh Penjaga Pantai pada hari Selasa, 13 Oktober 2020.

Pengiriman kapal itu terjadi ketika perselisihan di perairan yang disengketakan terus memanas.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Express, Tiongkok sering menyebarkan kapal mata-mata kontroversial itu ke perairan yang diklaim oleh negara lain di Laut China Selatan untuk memantau saingan, serta untuk tujuan militer.

Apakah kamu malu dengan senyummu?
Pengiriman kapal itu menjadi tindakan yang ditafsirkan sebagai penegasan klaim Tiongkok atas 'hak historis' di hampir seluruh Laut China Selatan.

Kondisi ini terjadi ketika Perdana Menteri baru Jepang Yoshihide Suga bersiap untuk mengunjungi Vietnam minggu depan, negara yang dipandang Beijing sebagai saingan strategis.

Data pengiriman yang ditinjau oleh RFA mengungkapkan survei Shiyan-1 dan kapal penelitian berangkat dari Teluk Haikou, di provinsi Hainan China, pada hari Senin.

Data pengiriman mengungkapkan kapal survei Shiyan-1 dan kapal penelitian berangkat dari Teluk Haikou, di provinsi Hainan China, pada hari Senin, 12 Oktober 2020.

Kapal itu kemudian muncul dalam jarak 70 mil laut dari provinsi Quang Ngai Vietnam pada hari Selasa. Sementara pada Rabu pagi, kapal itu berada 78 mil laut di lepas pantai provinsi Binh Dinh di pantai tengah Vietnam.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Komentar

Terkini

X