Sepuluh Desa Wisata Mitra Bakti BCA Dipersiapkan Jadi Destinasi Kelas Dunia, Salah Satunya Kampung Melayu BML

- 8 Agustus 2022, 17:37 WIB
Seremoni peresmian Desa Mitra Bakti BCA Kampung Melayu BML di Pontianak yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kepala KCU Kubu Raya Eduard Hans Winarko dan Lurah Benua Melayu Laut Lestari pada Minggu 31 Juli 2022
Seremoni peresmian Desa Mitra Bakti BCA Kampung Melayu BML di Pontianak yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kepala KCU Kubu Raya Eduard Hans Winarko dan Lurah Benua Melayu Laut Lestari pada Minggu 31 Juli 2022 /Dody Luber/Warta Pontianak

WARTA PONTIANAK – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bakal mendorong transformasi 10 Desa Wisata Mitra Bakti BCA menjadi daerah tujuan wisata baru. Berbekal histori dan pengalaman membina sejumlah Desa Wisata, BCA yakin sepuluh Desa Wisata Mitra Bakti BCA dapat menjadi penggerak ekonomi baru yang memberikan mata rantai ekonomi dan benefit bagi masyarakat.

Sepuluh Desa Wisata Mitra Bakti BCA tersebut merupakan finalis dari ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang dipercayakan kepada BCA untuk mendapatkan pendampingan dan pelatihan demi bertransformasi menjadi destinasi pariwisata unggulan baru.

 “BCA akan melakukan pendampingan dan pembinaan intensif selama kurang lebih setahun untuk membantu 10 Desa Wisata Mitra Bakti BCA agar dapat naik kelas menjadi desa wisata yang dikenal karena potensi wisata dan layanan terbaiknya. Terima kasih kepada Bapak Sandiaga Uno dan Kemenparekraf yang telah mempercayakan 10 Desa Wisata finalis ADWI sebagai mitra Bakti BCA,” kata Kepala KCU Kubu Raya Eduard Hans Winarko

Baca Juga: Masyarakat Mempawah Kesal, Rubah Nama Pelabuhan Internasional Terminal Kijing Jadi Pelabuhan Tanjungpura

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama dengan Kepala KCU Kubu Raya Eduard Hans Winarko dan Lurah Benua Melayu Laut Lestari pun melakukan kunjungan ke Kampung Melayu BML (Benua Melayu Laut) di Pontianak, Kalimantan Barat pada Minggu 31 Juli 2022. Desa Wisata Kampung Melayu BML merupakan Desa Mitra Bakti BCA yang turut menjadi bagian dari program ADWI 2022.

Desa Wisata Kampung Melayu BML terletak di tepian Sungai Kapuas yang membuat banyak atraksi wisata yang disuguhkan tidak lepas dari aliran sungai. Saat berkunjung ke Kampung Melayu, wisatawan dapat melihat atraksi menarik seperti tarian palang pintu untuk menyambut tamu, meriam karbit yang umumnya dilaksanakan menjelang Idul Fitri dan hari besar lainnya serta tarian barongsai sebagai bentuk perayaan hari raya bagi suku Tionghoa. Selain itu, wisatawan juga dapat memanfaatkan daya tarik wisata lain di tepian sungai yaitu bermain kano, wisata susur sungai dan memancing udang galah.

Selain menawarkan paket wisata menarik di tepian sungai, kawasan desa wisata ini juga menawarkan beragam kuliner khas daerah seperti kue blodar, kue semprong, kacang berokeh, kue cucor, minuman serbat, minuman lidah buaya dan bingke kamboje. Selain itu, pada malam hari wisatawan juga dapat menikmati santap malam di sekitaran café yang ada di tepian sungai sembari menikmati keindahan Sungai Kapuas di malam hari.

Baca Juga: Diduga Bawa Narkotika Jenis Sabu, Supir Truk Pengangkut CPO Diamankan Polisi

Fasilitas wisata yang ditawarkan di Kampung Melayu juga sudah disesuaikan dengan standar pariwisata, sehingga dapat mendorong jumlah wisatawan. Wisatawan dapat menikmati waktu luang dan menginap di rumah khas Melayu yang masih asri dan bersih. Beragam pilihan homestay pun dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk bermalam dan berdampingan langsung dengan warga sekitar. Selain itu, untuk tetap menjaga protokol kesehatan juga sudah tersedia fasilitas wastafel hingga handsanitizer dibeberapa sudut.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Terkait

Terkini

x