AJI Pontianak dan Google News Initiative Gelar Pelatihan Literasi Digital bagi Dosen dan Jurnalis

- 11 Agustus 2022, 17:25 WIB
Pelatihan Literasi Digital untuk dosen dan jurnalis
Pelatihan Literasi Digital untuk dosen dan jurnalis /Edho Sinaga/

WARTA PONTIANAK - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pontianak bersama Google News Initiative, dan sejumlah lembaga lain menggelar training digital bagi akademisi dan jurnalis, dalam pencegahan penyebaran Hoaks di tengah masyarakat.

"Pelatihan ini diikuti 21 dosen dan lima jurnalis yang ada di Kalbar yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 11-12 Agustus 2022, di Pontianak. Sementara untuk pemateri, Mungky Diana Sari dan Rendra Oxtora yang merupakan trainer dari Google News Initiative," kata Ketua AJI Pontianak, Ramses Tobing, Kamis.

Ada pun akademi yang ikut dari berbagai kampus. Seperti IAIN Pontianak, IAIS Sambas, STMIK, Universitas Muhammadiyah Pontianak dan Untan, sedangkan media dari jurnalis media online cetak dan televisi.

Ramses menjelaskan, training digital ini merupakan yang kesekian kalinya digelar. "Jika sebelumnya adalah jurnalis saja maka sekarang menyasar teman-teman akademi," tuturnya.

Ia menjelaskan perkembangan teknologi yang sangat pesat juga membuat masifnya persebaran informasi hoaks.

Namun hal itu tidak dibarengi dengan kemampuan mengidentifikasi mis-dis informasi dan berita palsu.

Sementara literasi digital merupakan salah satu cara untuk memerangi hoaks, karena dengan literasi digital membantu untuk berpikir kritis dan cakap dalam menggunakan media digital.

"Kemampuan ini tidak hanya dimiliki teman-teman jurnalis tapi juga akademisi," kata Ramses.

Satu di antara Trainer Google News Initiative Network, Mungky Diana Sari mengatakan, pelatihan bagi akademisi dan jurnalis ini bertujuan untuk memperluas kemampuan literasi digital secara luas. Akademisi, dalam hal ini termasuk dosen, serta jurnalis, mempunyai peran penting menyebarkan kemampuan literasi kepada masyarakat sebagai gerakan melawan hoax.

Halaman:

Editor: M. Reinardo Sinaga


Tags

Terkait

Terkini

x