HUT KKU ke 17, Pemerintah Ajak Masyarakat Kunjungi Tempat Bersejarah

- 19 Mei 2024, 18:00 WIB
Pemkab Kayong Utara bersama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kayong Utara dan Perunduhan Tanah Simpang (Pertasim) saat membersihkan tangsi Belanda di Sukadana
Pemkab Kayong Utara bersama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kayong Utara dan Perunduhan Tanah Simpang (Pertasim) saat membersihkan tangsi Belanda di Sukadana /HMS/

WARTA PONTIANAK – Dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Kayong Utara, Pemkab Kayong Utara mengajak masyarakat untuk mengunjungi situs bersejarah yang ada di Sukadana, salah satunya Tangsi Militer Belanda Putroe yang berada di Jalan Tanah Merah.

"Tangsi Militer Belanda adalah peninggalan sejarah era Raja Sukadana Tengku Akil,” jelas Kepala BKPSDM Kayong Utara, Jumadi Gading kepada wartawan, Minggu 19 Mei 2024.

Menurutnya, Pemkab Kayong Utara bersama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kayong Utara dan Perunduhan Tanah Simpang (Pertasim) Jumat 17 Mei 2024 yang lalu melakukan kerja bakti pembersihan lingkungan di sekitar gedung bekas tangsi militer Belanda yang ada di Tanah Merah.

"Berdasarkan catatan Belanda, pada tanggal 10 maret 1831 dilakukan pertemuan di Batavia antara Pemerintah Hindia Belanda dengan Sultan Sukadana, Tengku Akil untuk membuat kontrak perjanjian yang kemudian diratifikasi pada tanggal 12 maret 1831," jelas Jumadi yang juga panitia HUT KKU ke 17 ini.

Diantara isi perjanjian tersebut memuat bahwa Pemerintah Hindia Belanda akan menempatkan seorang Letnan Gubernur Sipil sebagai seorang Asissten Residen di Afdeling Sukadana.

Baca Juga: Beredar Isu Kayong Utara Akan Kembali ke Ketapang, Begini Penjelasan Penggiat Sosial Budaya

Serta menempatkan 1 Detasemen Militer terdiri dari 1 Sersan Kepala, 2 Kopral dan 16 Anggota, dan akan dibangun Tangsi Militer dengan biaya 1.600 Gulden.

“Kita ingin hari jadi kabupaten tahun ini, menjadi milik kita bersama, untuk mari kira kunjungi tempat tempat bersejarah yang ada,” imbau Jumadi. ***

Editor: Yuniardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah