Pj Bupati Sanggau sebut Keluarga Miliki Peran Penting Membangun Daerah

- 21 Mei 2024, 11:15 WIB
Pj Bupati Sanggau, Suherman
Pj Bupati Sanggau, Suherman /

WARTA PONTIANAK - Penjabat Bupati Sanggau, Suherman mengatakan, meski keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat, namun keluarga memiliki peranan penting dalam membangun daerah.

"Kondisi suatu keluarga dapat dijadikan sebagai tolok ukur terhadap kesejahteraan masyarakat pada umumnya.," kata Suherman, Senin 20 Mei 2024.

Baca Juga: Suherman Ingin Penerangan Taman di Sanggau Diperbanyak, Ini Alasannya

“Untuk dapat membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, dibentuk gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), yang mekanisme gerakannya dikelola dan dilaksanakan oleh tim penggerak PKK di setiap jenjang,” sanbungnya.

Ia menyebut, kegiatan peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan bagi TP PKK ini diharapkan dapat mengoptimalkan peran dan fungsi TP PKK sebagai mitra pemerintah dan wadah partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemerintahan, kemasyarakatan, dan pemberdayaan yang mengarah pada terwujudnya demokratisasi dan transparansi ditingkat masyarakat serta menciptakan akses agar masyarakat lebih berperan aktif dalam kegiatan pembangunan.

Untuk itu, Suherman berharap dengan dilaksanakannya kegiatan peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan bagi TP PKK di Kabupaten Sanggau, para peserta dapat: pertama, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan administrasi PKK serta memahami peran dan fungsi TP PKK; kedua, meningkatkan pengetahuan peserta terkait peran pemerintah desa dan kelurahan terhadap kegiatan TP PKK; ketiga, meningkatkan pengetahuan peserta terkait peran TP PKK dalam penanganan stunting; keempat, meningkatkan pengetahuan peserta terkait peran TP PKK dalam upaya menciptakan kemandirian pangan keluarga; kelima, meningkatkan pengetahuan peserta terkait perizinan dan legalitas produk IKM rumah tangga dan keenam, meningkatkan pengetahuan peserta terkait program aku Hatinya PKK.

Dikesempatan baik itu, Suherman juga mengingatkan kepada seluruh TP PKK Desa/Kelurahan agar TP PKK dapat ikut serta dalam memberantas narkoba.

Baca Juga: Sanggau Peringkat ke-5 Peredaran Narkoba di Kalbar, BNNK Tolak Diwawancarai

“Mari kita sama-sama awasi, mulai dari keluarga kita, tetangga kita dan masyarakat yang menjadi pemakai dan pengedar narkoba. Agar dapat melaporkan langsung kepada aparat yang berwenang,” pugkasjya berpesan. (Abang Indra)

Editor: Faisal Rizal

Sumber: Abang Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah