Kasus Konfirmasi Covid-19 di Kalbar Bertambah 25 Orang

- 16 Oktober 2020, 19:11 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson /WARTA PONTIANAK/SURYADI

WARTA PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson mengumumkan penambahan 25 kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar. Di mana ada 25 orang yang terkonfirmasi Covid-19 tersebar di enam kabupaten/kota yaitu Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya tujuh orang, Sintang enam orang, Sambas, Landak, dan Kapuas Hulu masing-masing satu orang.

"Tambahan kasus konfirmasi di Kalbar 25 orang. Dimana enam orang dirawat di rumah sakit," kata Kadinkes Kalbar, Jumat, 16 Oktober 2020.

Menurut data di Website Dinkes Kalbar pertanggal 15 Oktober 2020, Kota Pontianak merupakan daerah tertinggi kasus konfirmasi Covid-19 total 404 orang sejak adanya Covid-19 di Kalbar. Disusul Kubu Raya 188 orang, Sintang 157 orang, Ketapang 125 dan Kota Singkawang 99 orang. Kemudian daerah yang paling Sedikit  mempunyai kasus konfirmasi Covid-19 Kabupaten Sekadau dengan 12 kasus dan Kayong Utara 21 kasus.

Belakangan kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar memang mengalami penambahan kasus, bahkan membuat 10 Kabupaten/Kota di Kalbar masuk zona orangnye atau zona sedang Risiko Kenaikan Kasus (RKK). Adapun 10 daerah tersebut adalah Kota Pontianak dan Singkawang, kemudian Kabupaten Bengkayang, Sekadau, Melawi, Kayong Utara, Sintang, Kubu Raya, Landak dan Mempawah.

Namun kasus konfirmasi Covid-19 yang dinyatakan sembuh masih cukup tinggi. Menurut Harisson ada 51 orang yang hari ini dinyatakan sembuh, dimana Kota Pontianak 24 orang, Sintang lima orang, Landak sembilan orang, Singkawang enam orang,  Kubu Raya satu orang, Bengkayang dua orang, Kayong Utara satu orang, Mempawah dua orang, dan Sanggau satu orang.

"Hari ini kasus konfirmasi sembuh ada 51 orang. Dengan demikian total kasus konfirmasi Covid-19 adalah 1.382, dimana 1.198 orang telah dinyatakan sembuh atau 86,03 persen dan meninggal sembilan orang," jelasnya.

Sebelumnya, Harisson mengingatkan masyarakat untuk terus waspada dengan Covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan. Apalagi belakangan ini terjadi kecenderungan peningkatan kasus Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Kecenderungan kasus Covid-19 yang dirawat ini merupakan kasus-kasus dengan gejala sedang sampai berat.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan terus waspada. Karena saat ini telah terjadi peningkatan kasus covid dengan gejala sedang sampai berat yang dirawat di rumah sakit RSUD Soedarso, bahkan cenderung menjadi fatal atau menyebabkan kematian.

Halaman:

Editor: Suryadi


Tags

Komentar

Terkini

X