IKN Wujud Perubahan Peradaban Indonesia Melalui Pembangunan Indonesiasentris

- 2 November 2022, 16:46 WIB
Ilustrasi Presiden Jokowi
Ilustrasi Presiden Jokowi /Instagram

WARTA PONTIANAK - Presiden Joko Widodo disebut memimpin langsung ajang promosi mega proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kepada para investor.

Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah menilai, market sounding yang dilakukan oleh presiden Joko Widodo merupakan salah satu bentuk dari menjaga komunikasi terkait perkembangan IKN.

"Daya tarik investasi IKN, menurut saya, sudah besar. IKN dari sisi investasi sangat menarik. Pemerintah hanya perlu memastikan bahwa proyek IKN akan berjalan dan berkelanjutan," kata Piter.

Baca Juga: IKN sebagai Langkah Menuju Indonesia Maju

Menurutnya, daya tarik para investor teradap IKN sudah cukup besar. market sounding biasanya berisikan paparan kelanjutan pembangunan IKN, mulai dari apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan dalam jangka pendek.

"Memberikan gambaran bahwa proyek ini sedang berjalan dan akan terus berjalan," imbuhnya.

Diketahui Presiden Joko Widodo baru-baru ini melakukan kunjungan kerja ke IKN. Ibu Kota Nusantara merupakan wujud perubahan peradaban Indonesia dengan menghadirkan konsep pembangunan Indonesiasentris. Melalui pembangunan IKN, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pembangunan dan angka perekonomian daerah yang tinggi nantinya tidak lagi hanya terpusat di Pulau Jawa.

“Indonesia perlu keadilan ekonomi, sekali lagi ada 17 ribu pulau, bukan hanya satu pulau. Perlu kesetaraan pembangunan, perlu pemerataan pembangunan. Ini yang ingin kita hadirkan yaitu dengan membangun Ibu Kota Nusantara,” ujar Presiden.

Baca Juga: Kesultanan Pajang Gelar Acara Jamasan Pusaka dan Bersih Lingkungan

Presiden juga menegaskan bahwa pemindahan ibu kota ke Nusantara merupakan langkah Indonesia untuk membangun budaya kerja, pemikiran, dan basis ekonomi baru.

“Jika kita tidak berani transformasi dari sekarang, sampai kapan pun kita akan sulit jadi negara maju,” ungkap Presiden.

Sementara itu salah satu hal yang membuat para investor menjalin kerja sama dengan Indonesia adalah karena adanya sebuah project sangat menjanjikan dari pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Bahkan pemerintah memasukkan beberapa proyek tersebut sebagai daftar investasi prioritas dan ditargetkan akan bisa rampung pada tahun 2024 mendatang, utamanya adalah mengenai fasilitas komersial dan esensial.

Baca Juga: Kesultanan Pajang Gelar Zikir Sosial Bersama Masyarakat

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, telah memetakan potensi-potensi investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan mulai dari sektor komersial hingga esensial,

Pihaknya juga telah menyiapkan berbagai macam skema kerjasama sesuai dengan selera dan skala pelaku usaha.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x