20 Orang Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Tana Toraja, Tim Gabungan Masih Lakukan Pencarian

- 16 April 2024, 12:56 WIB
Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi 77 Korban Selamat Akibat Longsor di Tana Toraja
Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi 77 Korban Selamat Akibat Longsor di Tana Toraja /Joe/

WARTA PONTIANAK - Puluhan korban peristiwa tanah longsor yang terjadi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan masih dalam proses pencariannya.

Tim pencarian dan pertolongan gabungan berhasil menemukan dua korban yang sebelumnya dinyatakan hilang. Kedua korban tersebut ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Baca Juga: BNPB: Kebutuhan Dasar Korban Banjir dan Longsor di Sumbar Wajib Terpenuhi

Tim SAR menemukan korban di Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale pada Senin 15 April 2024 dan jenazahnya langsung disemayamkan di Rumah Sakit (RS) Lakipadada.

“Dari hasil penemuan dua korban tersebut, maka total korban jiwa atas bencana tanah longsor di Tana Toraja menjadi 20 orang,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Selasa 16 April 2024.

Rinciannya, 16 korban ditemukan di Desa Manggau Kecamatan Makale dan empat korban lainnya sebelumnya sudah ditemukan di Desa Lembang Randan Baru di Kecamatan Makale Selatan, Tana Toraja.

Disampaikan Abdul Muhari mengatakan, atas penemuan seluruh korban tersebut, maka operasi pencarian dan pertolongan pun dihentikan. Kendati demikian, tim gabungan masih akan tetap bersiaga apabila terdapat laporan warga yang merasa kehilangan anggota keluarganya.

Baca Juga: Banjir dan Longsor Ancam Sanggau, Warga Diimbau Tetap Waspada

Ditambahkan Abdul Muhari, upaya pencarian dan pertolongan para korban tersebut sedikit terkendala karena faktor cuaca. Selain berkabut, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih sering terjadi sehingga tim gabungan harus menghentikan operasi pencarian dan pertolongan untuk beberapa saat demi alasan keamanan.

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah