Polisi Tangkap Polisi Gadungan Yang Kerap Palak Pedagang

- 21 Mei 2024, 12:12 WIB
Ilustrasi polisi gadungan
Ilustrasi polisi gadungan /Tangkapan layar /

WARTA PONTIANAK - Polres Metro Jakarta Timur menangkap polisi gadungan berinisial LH yang suka melakukan pungutan liar (Pungli) ke para pedagang kaki lima. Dalam aksinya tersebut, tersangka bisa mengantongi uang hingga Rp3 juta per bulan.

"Pekerjaannya dia sehari-hari suka mengemil (malak) kepada para pedagang yang ada di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dengan menggunakan pakaian seragam. Bisa meraup sebesar Rp3 juta per bulan dari aksi mengemil (malak) dari pedagang," kata Kapolres Metro Jaktim Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly, Selasa 21 Mei 2024.

Baca Juga: Seorang Pelajar SMP Nekat Lompat dari Lantai 3 Sekolahnya di Jakarta, Polisi Duga Korban Ingin Bunuh Diri

Nicolas mengatakan, uang hasil memalak pedagang itu biasa digunakan pelaku untuk kebutuhan sehari-hari. Pelaku sebenarnya sangat terobsesi menjadi seorang polisi. Sebab pelaku sempat mengikuti tes kepolisian dan gagal.

"Pelaku Ini terobsesi menjadi seorang anggota polisi. Namun pada saat dites, dia tingginya kurang dan tidak bisa menjadi anggota Polri," ungkap Nicolas.

Baca Juga: MK Gelar Sidang Putusan Pileg 2024 Hari Ini

Tidak hanya memalak para pedagang, polisi gadungan tersebut juga menggunakan narkoba jenis sabu. Barang bukti lain yang diamankan yaitu seragam lengkap polisi dan senjata air softgun. Atas perbuatannya, LH dijerat Pasal 378 atau 508 KUHP dengan ancaman pidana 4 tahun penjara.

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah