Jemaah Haji asal Indonesia Diimbau Tak Bawa Batu Kerikil Dalam Koper

- 10 Juni 2024, 14:57 WIB
Ilustrasi jemaah haji lempar jumrah.
Ilustrasi jemaah haji lempar jumrah. /istimewa / Kemenag RI/

WARTA PONTIANAK - Jemaah haji Indonesia yang berangkat menuju Tanah Suci diimbau petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk tidak membawa batu kerikil ke dalam koper atau tas.

Pembimbing ibadah dari PPIH Arab Saudi Daker Bandara, Mulyono mengingatkan hal ini setelah mendapati ada salah satu jemaah yang membawa banyak batu kerikil dalam koper bagasinya.

Baca Juga: Kemenag Imbau Jemaah Haji Bawa Identitas, Ini Alasannya

"Jemaah tidak perlu membawa batu dari tanah air, karena batu-batu tersebut sudah tersedia sangat banyak di Muzdalifah," ujar Mulyono dikutip dari laman Kementerian Agama, Senin 10 Juni 2024.

Akibatnya, lanjut Mulyono, jemaah tersebut harus melewati serangkaian pemeriksaan oleh petugas Bandara dan membuat keberangkatan rombongan jemaah haji ke Makkah tertunda.

Selain itu, barang tersebut juga dapat menimbulkan kecurigaan petugas saat koper harus melalui pemeriksaan mesin x-ray setibanya di bandara.

Setelah diperiksa, rupanya barang yang mencurigakan adalah sejumlah batu kerikil yang dibawa dari Indonesia. Setelah ditanya, jemaah tersebut mengaku bahwa batu tersebut akan digunakan untuk melempar jumrah.

"Hindari barang bawaan yang aneh dan menimbulkan kecurigaan," ucapnya.

Baca Juga: Polisi Periksa Lusiana Adik Kandung Pegi Soal Identitas Kakaknya Dalam Kasus Vina Cirebon

Halaman:

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah