Cegah Penyebaran Covid-19 Masuk Indonesia, 264 PMI Malaysia di-Rapid Test

- 16 Oktober 2020, 19:25 WIB
DIPERIKSA - Pekerja Migran Indonesia yang baru kembali dari Malaysia dilakukan pemeriksaan rapid test di pintu masuk Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong, Sanggau, Kalbar. /WARTA PONTIANAK/SURYADI

WARTA PONTIANAK - Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas melakukan protokol kesehatan kepada para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru kembali dari Malaysia, guna mencegah penyebaran Covid-19 di pintu masuk Pos Lintas Batas Negara (PLBN) maupun jalur tidak resmi sepanjang perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Barat.

Sebanyak 264 orang PMI yang kembali ke Indonesia tersebut masuk melalui pintu PLBN Terpadu Entikong dan PLBN Aruk. Satgas Yonif 642/Kps bekerjasama dengan Imigrasi dan P4TKI melakukan pendataan dan pengecekan kesehatan kepada para PMI.

Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kps Letkol Inf Alim Mustofa dalam keteranganya di Pos Kotis Gabma Entikong, Sanggau menjelaskan, setelah dilakukan cek kesehatan dengan rapid test kepada 264 PMI, semuanya dinyatakan non reaktif. Selanjutnya seluruh PMI diperkenankan melanjutkan perjalanan ke daerah asal.

Dansatgas berharap, setibanya nanti di tempat asal, para PMI agar melaporkan diri kepada pihak kesehatan untuk dilakukan pengecekan ulang, agar bisa diketahui apakah mereka terpapar apa tidak.

"Petugas sudah mengingatkan para PMI, tiba di kampung halaman agar melapor ke pihak berwenang dan mengisolasi diri," tuturnya, Jumat, 16 Oktober 2020.

Adapun daerah tujuan PMI sebagai berikut, Provinsi Kalimantan Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Banten, Lampung dan Sumatera Selatan. (***)

Editor: Suryadi


Tags

Komentar

Terkini

X