Jusuf Kalla Tawarkan Bantuan untuk Selesaikan Konflik di Papua

- 16 Oktober 2020, 02:00 WIB
Mantan Wapres RI Jusuf Kalla /

WARTA PONTIANAK - Mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla menawarkan bantuan kepada pemerintah Indonesia terkait konflik Papua yang masih berlangsung.

Jusuf Kalla menawarkan bantuan untuk menyelesaikan konflik Papua dengan jalur perdamaian.

Alasan Jusuf Kalla menawarkan bantuan untuk konflik di Papua karena pengalaman Indonesia yang berhasil menyelesaikan konflik besar, seperti konflik Aceh yang berlangsung selama puluhan tahun dan mengakibatkan ribuan orang menjadi korban.

Baca Juga: Akui Masih Simpan Video Persalinan Maia Estianty, Ahmad Dhani: Aku Punya Semua

Berdasarkan catatannya, Indonesia telah mengalami 15 konflik yang menelan korban lebih dari 1.000 jiwa.

“Aceh saja yang keras begitu bisa kita ajak berunding untuk damai” ujar JK pada diskusi di Kementerian Pertahanan, Rabu 14 Oktober 2020.

Sebagaimana diberitakan Pikiranrakyat-bandungraya.com dalam artikel, "Janji Bantu Pemerintah Atasi Konflik Papua, Jusuf Kalla: Aceh Saja yang Keras Begitu Bisa Damai", menurut JK, konflik Papua memerlukan pendekatan yang berbeda dengan Aceh.

Itu karena ada banyak faksi pada gerakan Organisasi Papua Merdeka (OPM), berbeda dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang hanya mempunyai satu garis komando.

JK tidak membeberkan secara terbuka mengenai pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan konflik di Papua melalui jalan damai.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Komentar

Terkini

X