Popularitas Bitcoin Lagi Naik Daun, Ayo! Ketahui Kelebihan dan Kelemahan Mata Uang Digital Ini

- 30 April 2021, 23:23 WIB
Ilustrasi mata uang digital Bitcoin
Ilustrasi mata uang digital Bitcoin /Jaydeep_/Pixabay/

WARTA PONTIANAK - Beberapa tahun belakangan, popularitas Bitcoin tengah naik daun dan jadi perbincangan banyak orang. Di era digital seperti sekarang, menggunakan mata uang digital dalam berbagai transaksi virtual menjadi sesuatu yang lumrah.

Bitcoin diciptakan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto (nama samaran) dan menjadi mata uang baru yang tergolong ke dalam uang elektronik. Bitcoin pada awalnya digunakan untuk transaksi online tanpa menggunakan jasa perantara bank.

Bahkan, tidak sedikit orang yang menaruh minat investasi pada cryptocurrency. Meski investasi ini menghasilkan, tetap ada rambu-rambu yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli mata uang digital. Yuk, kenali lebih dulu apa itu cryptocurrency dalam dunia finansial.

Baca Juga: Pendaftaran Seleksi PPPK 2021 Dijadwalkan Dibuka pada Bulan Mei-Juni

Dikutip Warta Pontianak dari Akseleran, Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet. Sandi-sandi rahasia yang cukup rumit berfungsi melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini.

Berbeda dengan mata uang konvensional yang bersifat terpusat, mata uang digital justru bersifat desentralisasi.

Tidak ada pihak yang hadir dan berperan sebagai perantara dalam suatu transaksi. Pembayaran dengan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima atau peer-to-peer.

Baca Juga: Bina Mahasiswa jadi Pengusaha, Kemendikbud Siapkan Bantuan Modal

Adapun, kelebihan dari penggunaan mata uang digital adalah seperti di bawah ini.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x