Jelang Lebaran, Bank Indonesia Siapkan 4.173 Titik Penukaran Uang Baru

- 19 Maret 2024, 13:23 WIB
Warga menukarkan uang baru di mobil penukaran uang Bank Indonesia (BI)
Warga menukarkan uang baru di mobil penukaran uang Bank Indonesia (BI) /Antara/Oky Lukmansyah/

WARTA PONTIANAK - Bank Imdonesia bersama dengan bank-bank nasional menyediakan 4.713 titik penukaran uang baru untuk kebutuhan Lebaran 2024. Titik penukaran uang tersebar di seluruh Indonesia.

"Untuk penukaran uang, Insyaallah kami akan penuhi sampai level daerah," kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim.

Baca Juga: Bongkar Praktek Prostitusi Online di Bulan Ramadhan, Polisi Amankan Seorang Mucikari

Dijelaskan Marlison, penukaran uang yang masuk dalam program Serambi 2024 akan diselenggarakan selama 15 Maret hingga 5 April 2024.  Dalam hal ini BI akan menyediakan layanan melalui 449 titik penukaran uang.

Sementara itu perbankan nasional akan menyediakan 4.264 titik penukaran di kantor pusat maupun kantor cabang di seluruh Indonesia. Secara keseluruhan BI menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 197,6 triliun untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Uang tersebut disiapkan untuk semua kebutuhan uang tunai warga Indonesia termasuk untuk kebutuhan penukaran uang. Nilai tersebut lebih besar dari tahun lalu yakni Rp 188,8 triliun.

Selain itu, proyeksi juga mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idul Fitri. Adapun BI akan menyiapkan uang pecahan besar dalam jumlah Rp 172,8 triliun dan uang pecahan kecil sebesar Rp 24,6 triliun.

Baca Juga: PT KAI sebut 1,4 Juta Tiket KA Angkutan Lebaran Telah Terjual

Selain itu, BI memprediksi perputaran uang selama Ramadan dan Idul Fitri paling tinggi terjadi di Jawa. Perputaran uang di Jawa diperkirakan mencapai Rp 119,9 triliun. Sedangkan outflow terendah terjadi di Bali dan Nusra Rp 7,7 triliun.

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x