Keutamaan dan Manfaat Istighfar sangat Luar Biasa, Bisa Terhindar dari Azab hingga Dilimpahkan Rezeki

- 14 Juli 2022, 18:18 WIB
Ilustrasi membaca istighfar
Ilustrasi membaca istighfar /Pexels/RODNAE Production/

WARTA PONTIANAK - Umat Islam saat membaca istighfar hendaknya dibaca tulus dari hati bukan sekedar ucapan dibibir agar mendapatkan Keutamaan dan manfaat istighfar yang sesungguhnya.

Membaca istighfar merupakan ungkapan permohonan ampun dan juga berserah diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'alla seperti anjuran Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW mencontohkan dalam beristighfar sebanyak 70 kali dalam sehari. Bahkan dalam riwayat lain disebutkan 100 kali sehari. Rasullulah SAW bersabda, “Demi Allah. Sungguh aku selalu beristighfar dan bertaubat kepada Allah dalam sehari lebih dari 70 kali” (HR. Al-Bukhari)

Baca Juga: Keajaiban Doa Dapat Ubah Takdir, Kuncinya Jika Yakin dan Sungguh-sungguh

Dalam hadits lain, Nabi SAW bersabda, “Wahai sekalian manusia. Taubatlah (beristigfar) kepada Allah, karena aku selalu bertaubat kepada-Nya dalam sehari sebanyak 100 kali” (HR.Muslim)

Berikut ini adalah Keutamaan dan manfaat istighfar yang bersumber dari hadits dan Al Quran.

1. Dimudahkan segala urusan

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang senantiasa beristighfar, niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya, dan Allah memberinya rezeki dari arah yang tidak ia sangka-sangka.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

2. Beristighfar dan bertaubat

"Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali." (HR Bukhari: 6307)

Halaman:

Editor: Faisal Rizal

Sumber: Islam Terkini


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x