5000 Orang Generasi Z akan Ikuti Apel Kebangsaan

- 1 September 2021, 13:48 WIB
INSTAN akan gelar apel kebangsaan
INSTAN akan gelar apel kebangsaan /Dokumentasi Instan/

WARTA PONTIANAK – Sebanyak 5000 siswa SMA/SMK se-Kalimantan Barat akan mengikuti Apel Siaga Kebangsaan yang diselenggarakan Institute Kajian Kebangsaan (Instan), pada 6 September 2021 mendatang mulai pukul 07.00 WIB.

“Kegiatan ini kami dedikasikan untuk generasi Z atau yang lahir sekitar tahun 1995 hingga tahun 2010. Mereka adalah generasi setelah milenial yang sangat terbiasa dengan internet. Untuk itu, edukasi kebangsaan ini juga kita masuk melalui jejaring TI,” kata Presidium Institute Kajian Kebangsaan (Instan), R. Rido Ibnu Syahrie, didampingi Sekretaris Jendral Instan, Firman kepada wartawan, Rabu 1 September 2021.

Dijelaskan Rido, peranan penting dari nilai kebangsaan adalah terbentuknya semangat nasionalisme dan patriotisme anak bangsa yang dilakukan sejak dini. Cara dan pola penerapan nilai kebangsaan di masa penjajahan tentu saja berbeda dengan era globalisasi 4.0 yang memanfaatkan teknologi informasi.

“Dahulu, mudah ditanamkan karena rasa cinta tanah air yang dihadapkan pada tantangan nyata dalam merebut kemerdekaan,” tuturnya.

Dulu, kata Rido, para pejuang kemerdekaan rela mempertaruhkan nyawa demi membebaskan Indonesia dari cengkeraman penjajah. Namun, di era saat ini bisa saja terkikis dan memudar akibat akses arus informasi yang begitu pesat.

Baca Juga: HUT RI ke 76 RI, Instan Gelar Diskusi Rekonstruksi Kebangsaan

Sehingga sikap kebangsaan ini perlu ditanamkan melalui suatu sistem pembelajaran yang relevan, sekaligus untuk menepis dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi.

“Pendidikan kebangsaan dapat diperoleh melalui pembelajaran di sekolah melalui mata pelajaran PPKn, sejarah, seni budaya, dan kegiatan gerakan pramuka. Namun, terkadang generasi Z atau yang lahir sekitar tahun 1995 hingga tahun 2010 banyak menganggap hal tersebut tidak kekinian,” ujar Rido.

Generasi Z, ujar dia, selalu mengandalkan teknologi dalam genggaman ini disebut juga internet generation (i-gen), mahir hal digital, percaya diri, menggunakan bahasa gaul, dan rasa ingin tahu sangat tinggi.

Halaman:

Editor: Yuniardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah