Lebih dari 28 Ribu Pelaku UMKM di Pontianak Berpotensi Naik Kelas

- 2 Desember 2020, 16:40 WIB
Ilustrasi:  kenaikan pelaku UMKM
Ilustrasi: kenaikan pelaku UMKM /Pixabay/

WARTA PONTIANAK – Akademisi dan Pakar Manajemen Keuangan yang juga Pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak, Dr. Wendy, M.Sc mengatakan, pembangunan infrastruktur, termasuk digital, di Kalimantan Barat dalam beberapa tahun terakhir, diyakini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Selain itu, populasi signifikan milenial produktif di Pontianak dengan didominasi sekitar 60% penduduk berusia 15-39 tahun, dan lebih dari 28 ribu pelaku UMKM di Kota Pontianak (sekitar 9.000 diantaranya telah memiliki Produk Industri Rumah Tangga), juga berpotensi naik kelas, karena ekosistem lingkungan yang kondusif," ungkapnya dalam diskusi media virtual Generasi Djempolan Seri 2 dengan tema “Peran Fintech Dorong Tumbuhnya Milenial Produktif dan Pengusaha Pemula", Rabu 02 Desember 2020.

 Baca Juga: Kredivo Ajak Milenial Melek Keuangan Digital

Menurutnya, kehadiran teknologi, infrastruktur daerah yang mumpuni, serta akses layanan keuangan digital, dapat berperan dalam membantu milenial produktif untuk mengelola keuangan secara bijak dan cerdas, serta mempermudah transaksi bisnis UMKM guna meningkatkan efisiensi dan daya saing.

"Melalui inisiasi Generasi Djempolan ini, diharapkan dapat membuat lebih banyak milenial dan UMKM yang mampu memanfaatkan teknologi keuangan guna memaksimalkan produktivitasnya, sehingga turut menggerakkan perekonomian daerah ini," ujarnya.

Adapun tiga kriteria utama Generasi Djempolan dari Kredivo, yaitu:

 Baca Juga: OJK Ajak Pelaku Industri Jasa Keuangan Tingkatkan Literasi Keuangan Digital

  1. Set priority: yang dapat menentukan prioritas dan batasan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
  2. Value over price: memahami nilai dari pengeluaran dan pemanfaatan keuangan, bukan hanya karena murah namun juga memiliki nilai.
  3. Best of both worlds: tech-savvy sekaligus memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan (financial savvy). ***

Editor: Yuniardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x