6,1 Juta UMKM Ditargetkan Masuk Platform Digital

- 11 Januari 2021, 16:05 WIB
Aneka tas berbahan kain corak insang khas Pontianak di UMKM Center
Aneka tas berbahan kain corak insang khas Pontianak di UMKM Center /Indri Rizkita/Warta Pontianak

WARTA PONTIANAK - Sebanyak 6,1 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ditargetkan masuk dalam platform ekosistem digital (on boarding) setiap tahunnya hingga 2023. Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Dengan demikian maka pada akhir 2023 diharapkan ada 30 juta UMKM on boarding.

"Dari target yang ditetapkan Bapak Presiden pada 14 Mei 2020 yaitu 2 juta UMKM/IKM on boarding, kita mampu mencapai 3,7 juta unit UMKM, sehingga total ada 11,7 juta UMKM. Selanjutnya, mulai 2021-2023 ditargetkan 6,1 juta UMKM on boarding setiap tahun sehingga mencapai 30 juta UMKM pada akhir 2023," kata Menko Luhut, seperti yang diberitakan oleh Antara, Senin 11 Januari 2021.


Menurut Menko Luhut, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia karena jumlah UMKM sendiri mencapai 64 juta di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Pemerintah Optimis Ekonomi Indonesia Membaik di 2021

Ia mengingatkan agar semua pihak bisa bekerja sama dan bahu membahu menolong UMKM agar bisa terus menciptakan produk bermutu yang bernilai tinggi.

"Untuk itu saya imbau seluruh daerah, seluruh pemangku kepentingan, mari kita sekali lagi bersatu untuk meningkatkan kualitas dan penjualan produk lokal Indonesia," unjar Menko Luhut.

Baca Juga: Cek Daftar Penerima Bantuan UMKM BPUM yang Cair hingga 31 Januari

Bahkan, Luhut mengimbau para pejabat negara untuk menjadi brand ambassador (duta) produk lokal Indonesia dengan membeli dan menggunakan produk lokal.

"Saya mohon bila ada teman-teman gubernur yang ada masalah dengan konteks ini, jangan ragu-ragu, langsung telepon kita apa yang harus kita perbaiki, apa yang harus kita lakukan, untuk mencapai mimpi kita tadi," tutup Menko Luhut.***

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x