Kolaborasi AJI Pontianak dan Gemawan : Kampanye Digital Perlindungan Mangrove Kalbar

- 11 September 2022, 23:47 WIB
Edho Sinaga (AJI Pontianak) bersama Reza dari Gemawan saat diskusi informal kolaborasi
Edho Sinaga (AJI Pontianak) bersama Reza dari Gemawan saat diskusi informal kolaborasi /IST/Warta Pontianak

WARTA PONTIANAK - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pontianak bersama Lembaga Gemawan menggagas gerakan kolaborasi kampanye perlindungan Mangrove di Kalimantan Barat.

Ketua AJI Pontianak Ramses Tobing mengatakan bahwa kolaborasi yang digagas bersama Gemawan merupakan bentuk kampanye untuk turut serta dalam upaya menjaga lingkungan, khususnya mangrove.

"Jurnalis punya peran di sana, untuk pelestarian mangrove," ujarnya Minggu 11 September 2022.

Baca Juga: AJI Pontianak dan Google News Initiative Gelar Pelatihan Literasi Digital bagi Dosen dan Jurnalis

Peran itu misalnya, membangun narasi terkait dengan pelestarian mangrove, atau lainnya melalui media, itu yang kemudian menjadi strategi yang dibagikan kepada kelompok-kelompok yang secara aktif menjaga lingkungan.

"Dalam kolaborasi ini, AJI dan Gemawan saling berbagi peran dan tentu peran itu saling mendukung satu sama lainnya, jadi tidak jalan sendiri-sendiri," ujar Ramses.

Ramses menjekaskan kolaborasi ini mendekatkan isu lingkungan kepada publik, sebab kecendrungan produk jurnalistik dengan isu-isu lingkungan di Kalbar masih minim dimuat di media-media arus Utama.

"Era Sosial media dan perkembangan teknologi saat ini, penyampaian narasi perlindungan untuk lingkungan mesti masif dilakukan, misalnya dalam bentuk kampanye melibatkan generasi millenial," ujarnya.

Baca Juga: Ini Pernyataan Sikap AJI, IJTI dan PFI di May Day 2022

Halaman:

Editor: M. Reinardo Sinaga


Tags

Terkait

Terkini

x