Berikut 5 Negara yang Terima Mata Uang Rupiah sebagai Alat Transaksi yang Sah

- 31 Januari 2022, 20:04 WIB
Ilustrasi rupiah
Ilustrasi rupiah /Fariqoh/Kabar Wonosobo

WARTA PONTIANAK - Mata uang rupiah adalah mata uang resmi yang berlaku di negara Indonesia. Namun siapa sangka jika ada beberapa negara yang ternyata menerima rupiah sebagai alat transaksi yang sah.

Berikut adalah daftar negara yang menerima rupiah sebagai alat transaksi yang sah, seperti yang dilansir PRFMNews dari channel YouTube Info Unik.

1. Arab Saudi
Seiring banyaknya jumlah jemaah haji dan umrah dari Indonesia membuat para pedagang di kawasan Kota Mekah, Madinah, dan Jeddah menerima uang rupiah sebagai alat belanja yang sah.

Baca Juga: Viral Petugas Seret Seorang Ibu hingga Terjatuh di PN Jaksel, Netizen: Kalian Penghisap Darah!

Bahkan para pedagang di sana pun sudah fasih berbahasa Indonesia sehingga memudahkan proses tawar menawar.

2. Malaysia
Indonesia dan Malaysia merupakan negara yang bertetangga.

Meski mata uang di Malaysia adalah Ringgit, nyatanya rupiah pun tetap diterima sebagai alat pembayaran yang sah terutama di lokasi perbatasan.

3. Papua Nugini
Bank Indonesia dan Papua Nugini telah bersepakat bahwa mata uang rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di perbatasan Papua dan Papua Nugini.

Banyak dari masyarakat khususnya Merauke berdagang dan melakukan transaksi jual beli di daerah Sota Papua Nugini dan juga sebaliknya.

4. Thailand
Di Thailand khususnya di bagian selatan di kota Hatyai yang berbatasan dengan Malaysia, banyak etnis yang tinggal dan berdagang di kota tersebut.

Halaman:

Editor: Faisal Rizal

Sumber: PRFM News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x