Mau Dapat Bansos BLT Rp 500 Ribu dan BST Rp 300 Ribu yang Cair pada Bulan Ini, Begini Caranya?

- 8 November 2020, 17:31 WIB
Ilustrasi uang pecahan rupiah
Ilustrasi uang pecahan rupiah /Pixabay/WARTA PONTIANAK

WARTA PONTIANAK - Hingga saat ini, Kemensos masih terus menyalurkan berbagai bantuan untuk masyarakat terimbas dampak Covid-19 melalui Bantuan Sosial Tunai (BST).

Bentuk BST yang disalurkan masyarakat terimbas Covid-19, yakni BLT Rp 500 ribu per Kepala Keluarga (KK) yang dibagikan satu kali untuk 9 juta keluarga non Program Keluarga Harapan (PKH). 

Sebagaimana diberitakan oleh Berita DIY dalam artikel berjudul Bulan Ini Bansos BLT BST Rp 300 Ribu Cair, Cek Penerima di dtks.kemensos.go.id Beserta Cara Daftar  pada Minggu, 8 November 2020. Selain itu, Kemensos juga memberikan bantuan sosial berupa beras 15 kg per bulan selama 3 bulan bagi sepuluh juta Kepala Keluarga. Namun, bansos beras ini sudah habis, dan tak lagi disalurkan.

Baca Juga: Kemenaker RI Coret 152 Ribu Penerima BLT Subsidi Gaji dari Daftar Penerima

Lalu, sembilan juta KK akan mendapatkan BST sebesar Rp 600 ribu per KK, yang kini turun jadi Rp 300 ribu per KK.

Sebelumnya BST telah disalurkan pada April-Juni 2020 dengan nilai bantuan sebesar Rp600 ribu per KPM, kemudian berkurang menjadi Rp300 ribu per KPM pada Juli-Desember 2020 seiring dengan bantuan-bantuan lain yang juga diberikan oleh berbagai kementerian/lembaga.

BST gelombang I dan II hanya menjangkau 33 provinsi karena DKI Jakarta mendapatkan bantuan sosial sembako. Sedangkan pada 2021 BST akan menjangkau semua provinsi termasuk DKI Jakarta.

Baca Juga: Bagi Guru dan Tenaga Medis yang Mau Dapat Tiket Gratis Kereta Api, Begini Syarat dan Caranya?

Lebih lanjut Asep mengatakan realisasi BST secara nasional hingga saat ini sudah mencapai 82 persen.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah