Ternyata 65,98 Persen Masyarakat Indonesia Kurang Investasi, Lalu Bagaimana Memulainya?

- 11 Februari 2021, 19:11 WIB
Ilustrasi orang Indonesia kurang investasi
Ilustrasi orang Indonesia kurang investasi /Lifepal/Shutterstock

WARTA PONTIANAK - Investasi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk merealisasikan tujuan finansial jangka pendek, menengah, atau panjang.

Berdasarkan data yang dihimpun program konsultasi keuangan Lifepal, 65,98 persen masyarakat Indonesia dinyatakan tidak memiliki aset investasi dalam jumlah yang semestinya.

Pada awal Januari 2021, Lifepal telah menggelar program konsultasi keuangan dengan Certified Financial Planner (CFP). Dari 500 orang partisipan dalam sesi tersebut, hanya 34,02 persen yang memiliki aset investasi dalam jumlah ideal.

Baca Juga: Berikut 6 Fakta Pembunuhan di Pontianak, dari Perampokan hingga Perceraian

 

Kecakapan seseorang dalam menggandakan kekayaan di masa depan dinilai dari rasio aset investasi berbanding kekayaan bersih. Sangat disarankan agar seseorang memiliki nilai rasio di atas 50 persen dan terus tumbuh seiring dengan bertambahnya usia.

Nilai rasio di bawah 50 persen menandakan bahwa jumlah aset investasi yang kita miliki berada di bawah kekayaan bersih. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan kondisi seseorang yang kurang berinvestasi.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika nilai rasio kita di bawah 50? 

Lifepal berbagi beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum berinvestasi. 

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton

Sumber: Siaran Pers Lifepal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x