Mau Tahu Cara agar Kondisi Ekonomi Sehat Pasca Idul Fitri, Ini Tips untuk Memperbaiki Laporan Keuangan

- 14 Mei 2021, 20:48 WIB
Ilustrasi laporan keuangan
Ilustrasi laporan keuangan /Tumisu/Pixabay/

Warta Pontianak - Tak sedikit dari anda yang mengalami masalah keuangan setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri, seperti tabungan terkuras dan sebagainya. Hal itu wajar dialami, karena pengeluaran anda mungkin membengkak di saat Bulan Ramadan.

Adanya larangan mudik 2021, sebetulnya bisa memberikan dampak positif bagi keuangan anda di bulan Ramadan. Pasalnya, pengeluaran mudik yang rutin anda keluarkan, umumnya sangat besar dan kerap menjadi pengeluaran terbesar anda dapat diminimalisir.

Namun, kegiatan buka puasa bersama, kirim-mengirim hampers untuk sanak saudara, sahabat atau teman, dan lainnya bisa saja menjadi salah satu pengeluaran yang kurang diwaspadai beberapa waktu ini.

Baca Juga: Jelang Lebaran 2021, Harga Daging Sapi di Kota Pontianak Capai Rp140 Ribu per Kg

Untuk membuat keuangan anda sehat pasca-Lebaran, berikut ini adalah tips untuk memperbaiki kesehatan keuangan yang dikutip dari Financial Educator Lifepal.

1. Cek kesehatan keuangan

Langkah awal dari melakukan perencanaan keuangan adalah mengetahui kondisi kesehatan keuangan saat ini, dan mendapatkan rekomendasi untuk memperbaiki kondisi buruk dan mempertahankan kondisi yang sudah baik.

Adapun cara untuk mengetahui kesehatan keuangan adalah dengan mengenali sejumlah nilai atau rasio kesehatan keuangan anda. Beberapa di antaranya, ketersediaan dana darurat, nilai arus kas, nilai kekayaan bersih rasio utang berbanding aset, rasio aset lancar berbanding kekayaan bersih, rasio aset investasi berbanding kekayaan bersih dan lain sebagainya.

Pemeriksaan kesehatan keuangan merupakan tahap awal dari proses perencanaan keuangan. Anda pun bisa melakukan pengecekan keuangan pribadi Anda dengan menggunakan fitur cek kesehatan keuangan di situs Lifepal.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x