Liburan Idul Fitri, Kunjungan Objek Wisata di Kayong Utara Tembus 35.310 Pengunjung

- 17 April 2024, 00:17 WIB
Objek Wisata Pantai Pulau Datok ketika sore hari
Objek Wisata Pantai Pulau Datok ketika sore hari /Julizal/

WARTA PONTIANAK – PascaHari Raya Idul Fitri 2024, jumlah pengunjung objek wisata di Kabupaten Kayong Utara mencapai 35.310 pengunjung.

“Dari beberapa objek wisata yang ada di Kayong Utara, baru objek wisata Pantai Pulau Datok yang sudah menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Kayong Utara,” ungkap Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kayong Utara, Muhammad Idham kepada wartawan, Selasa 16 April 2024.

Dirinya mengatakan, dalam memaksimalkan PAD dari objek wisata, pihaknya masih terbatas dengan Sumber Daya Manusia (SDM).

Padahal, ada beberapa objek wisata yang berpotensi besar untuk ditarik retribusi sebagai penyumbang PAD dari sektor wisata, diantaranya objek wisata Air Paoh dengan jumlah kunjungan 6.700 pengunjung, objek wisata Pasir Mayang dengan jumlah 5.400 pengunjung, wisata Alam Sedahan dan Benawai Agung yang mencapai 900 pengunjung, wisata Pantai Mutiara mencapai 510 pengunjung.

Kemudian ada destinasi yang dikembangkan oleh Desa Pulau Kumbang, yaitu Pantai Pulau Pandan sebanyak 3.800 pengunjung.

Sehingga total kunjungan wisata pada libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 ini sebanyak 35.310 pengunjung.

"Seharusnya tempat yang tadi sudah disebutkan juga bisa berkontribusi terhadap peningkatan PAD. Tetapi karena keterbatasan SDM ,maupun pembiayaan, sampai saat ini baru dikelola desa setempat dengan hanya menarik pajak parkir atau pajak hiburan," tutur Idham.

Baca Juga: 3 Objek Wisata di Pangkalan Buton Kayong Utara akan Dikembangkan

Namun Khusus untuk objek wisata Pantai Pulau Datok, Idham mengakui, telah menyumbang 10.000 ribu pengunjung di libur hari raya lebaran ini.

Halaman:

Editor: Yuniardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah