Ingin KPR Cepat Lunas? Ikuti Strategi Ini

- 10 Maret 2021, 14:49 WIB
rumah KPR
rumah KPR /aris/

WARTA PONTIANAK - Saat ini, hal lazim rumah hunian yang kita tempati diperoleh dengan cara mengkredit atau mencicil.  Dan tak jarang kredit yang ditawarkan biasanya dalam jangka panjang. Antara sepuluh, lima belas bahkan ada yang mencapai dua puluh tahun.

Tentunya dengan membayar cicilan KPR dengan jangka panjang yang begitu lama juga terasa melelahkan. Apa lagi jika kisaranya sampai dua puluh tahun.

Itu artinya bunga yang akan dibayarkan akan semakin besar. Selain itu biasanya akan terjadi risiko ketidakmampuan membayar, dan mungkin sakit sehingga tidak bisa bekerja.

Baca Juga: Pasangan Baru Saja Kehilangan Pekerjaan? Ini Tips Jaga Kesehatan Keuangan dalam Rumah Tangga

Namun bagi anda yang sudah terlanjur mengambil KPR pelunasan jangka panjang, ada beberapa strategi agar cicilan KPR cepat lunas. Penasaran? simak penjelasanya.

Pertama, tambah simpanan jadi dua kali lipat. Jika dulu satu pertiga penghasilan untuk cicilan, maka coba sisihkan menjadi dua pertiga cicilan. Dengan cara ini, anda mungkin harus merelakan beberapa biaya hidup yang harus terpotong.

Kedua, pindah tangan ke Bank Syariah, karena Bank Syariah menerapkan sistem murabahah, maka angsuran bulanan anda menjadi tetap. Namun biasanya proses take over akan dikenai biaya dan dikenakan penalti sebesar satu persen dari sisa pokok.

Baca Juga: Sebuah Rumah Tua di Tepian Sungai Kapuas Pontianak Dijadikan Cagar Budaya

Ketiga, kombinasi cara pertama dan kedua. Sehingga anda akan mendapat keuntungan berlipat seperti: Angsuran menjadi lebih ringan, masa kredit lebih cepat, dan beban bunga lebih kecil.

Halaman:

Editor: M. Reinardo Sinaga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x