Pasangan Baru Saja Kehilangan Pekerjaan? Ini Tips Jaga Kesehatan Keuangan dalam Rumah Tangga

- 23 Februari 2021, 11:37 WIB
Tips jaga keuangan
Tips jaga keuangan /Siaran Pers Lifepal/Shutterstock

WARTA PONTIANAK - Ketika sepasang suami istri sama-sama memiki pekerjaan, artinya dalam rumah tangganya menerapkan sistem dual income. Dengan begini tentunya beban keuangan menjadi lebih ringan.

Namun apa jadinya jika keluarga yang sebelumnya menerapkan sistem dual income terpaksa beralih ke single income?

Bila Anda adalah kepala keluarga mengalami situasi seperti ini, Lifepal.co.id menyarankan untuk segera lakukan beberapa hal di bawah ini untuk menjaga kesehatan keuangan Anda:

Baca Juga: Kamu Sering Merasa Stres? Hilangkan dengan 12 Teknik Relaksasi yang Mudah Ini

1. Tambah dana darurat

Keluarga dengan single income tentu memiliki risiko finansial yang lebih besar ketimbang dual income. Jelas saja, hal itu disebabkan karena hanya satu orang pencari nafkah, ketika dia terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), penghasilan rutin yang diterima keluarga akan hilang.

Tidak ada salahnya untuk menambah ketersediaan dana darurat dari yang awalnya 6 kali pengeluaran bulanan menjadi 9 kali.

Tak hanya itu, penambahan dana daurat juga harus dilakukan dengan pertimbangan risiko profesi si pencari nafkah. Semakin tinggi risiko pekerjaan atau semakin tidak stabil pendapatan si pencari nafkah, makin besar pula dana darurat yang harus disiapkan.

Baca Juga: Perayaan Cap Go Meh Tahun 2021 di Singkawang Resmi Ditiadakan

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton

Sumber: Siaran Pers Lifepal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x