2.992 Rumah Tangga Tidak Mampu di Kubu Raya Terima BPBL

- 11 Desember 2023, 21:46 WIB
Penyampaian program BPBL
Penyampaian program BPBL /HMS/

WARTA PONTIANAK – Dengan dukungan Komisi VII DPR RI, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berhasil memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 2.992 Rumah Tangga tidak mampu di Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Perencanaan Transmisi Tenaga Listrik Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Muhadi pada Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL Kalimantan Barat di Desa Sungai Deras, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kuburaya.

"Dari alokasi sebanyak 2.992 rumah tangga di Kubu Raya, dapat kami sampaikan bahwa hingga saat ini telah terpasang seluruhnya atau menyala 100 persen," ujar Muhadi.

Penerima Manfaat Program BPBL sambung Muhadi, adalah rumah tangga yang telah terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta berdomisili di daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T) dan layak menerima BPBL berdasarkan validasi kepala desa atau lurah atau pejabat yang setingkat.

Pada saat yang bersamaan, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman menyampaikan Program BPBL telah dua tahun berjalan.

Program ini diinisiasi dari enam tahun lalu dimana terdapat 500 Desa untuk wilayah Kalimantan Barat yang belum ada listrik. Ia bersyukur program ini dapat dilaksanakan secara lancar dalam dua tahun ini.

"Berkat kerja sama Komisi VII dengan Ditjen Ketenagalistrikan, PLN dengan Provinsi dan Kabupaten Kita duduk sama-sama mencari solusi," ujar Maman.

Baca Juga: Satu Unit Ruko di Kubu Raya Hangus Terbakar, Polisi: Diduga Korsleting Listrik

Effendi 48) seorang buruh harian lepas penerima manfaat Program BPBL di Desa Sungai Deras, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya menyampaikan bahwa dengan hadirnya listrik gratis dari Pemerintah ini meringankan keluarganya dalam menggunakan listrik.

Halaman:

Editor: Yuniardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x