PascaHari Raya Idul Fitri, Pertamina Optimalkan Ketersediaan dan Distribusi BBM Pertalite di Sambas

- 17 April 2024, 01:00 WIB
Pasca Hari Raya Idul Fitri, Pertamina Optimalkan Ketersediaan Stok dan Distribusi BBM Pertalite di Kabupaten Sambas
Pasca Hari Raya Idul Fitri, Pertamina Optimalkan Ketersediaan Stok dan Distribusi BBM Pertalite di Kabupaten Sambas /HMS/

WARTA PONTIANAK – PT Pertamina Patra Niaga Regional Regional Kalimantan, mencatat konsumsi rata-rata harian BBM pada masa perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Kabupaten Sambas mengalami peningkatan hingga 15 persen, untuk produk gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) dan sekitar 0,8 persen untuk produk gasoil (Solar dan Dex Series).

Area Manager Communication, Relations & CSR Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra mengatakan, untuk konsumsi harian BBM di Kabupaten Sambas, baik Gasoline mapun Gasoil mengalami peningkatan. 

“Rata-rata konsumsi BBM gasoline pada momen Idul Fitri 2024 mengalami peningkatan hingga 15 persen, dibanding konsumsi normal pada Februari 2024 dari 150 Kilo Liter (KL) per hari menjadi 173 KL per hari. Sedangkan untuk BBM gasoil juga mengalami peningkatan konsumsi sekitar 0,8 persen dari 62,0 KL per hari menjadi 62,5 KL," ucap Arya, Selasa 16 April 2024.

Arya menambahkan, jika dibandingkan dengan rata-rata konsumsi BBM pada Februari 2024, konsumsi Pertalite naik sebesar 12 persen dari biasanya atau 142 KL per hari menjadi 160 KL per hari.

Sementara itu, konsumsi solar subsidi juga mengalami peningkatan walaupun relatif kecil sekitar 1,5 persen, dari biasanya atau 60,4 KL per hari menjadi 61,3 KL per hari.

“Peningkatan konsumsi Pertalite disebabkan meningkatkan mobilisasi masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat baik saat mudik dan arus balik maupun perjalanan menuju tempat-tempat wisata saat libur lebaran, sedangkan kenaikan konsumsi yang relatif kecil pada BBM Solar Subsdi disebabkan banyak kegiatan industri libur saat perayaan Idul Fitri,” tambah Arya.

Baca Juga: Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polsek Sungai Raya Kepulauan Cek SPBU

Menurut Arya, per tanggal 16 April 2024 kondisi stok BBM di wilayah Kalimantan Barat dalam keadaan aman.

“Pemenuhan kebutuhan BBM di Kabupaten Sambas disuplai dari Integrated Terminal (IT) Pontianak, saat ini IT Pontianak memiliki ketahanan stok Pertalite sekitar 9 hari akumulatif, Pertamax sekitar 60 hari, Solar sekitar 13 hari. Ketahanan stok ini tentu akan terus bertambah akan terus bertambah seiring dengan distribusi stok BBM dari IT Tanjung Uban dan kapal Ship To Ship (STS) Pontianak,” ucap nya.

Halaman:

Editor: Yuniardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah