Mengenal Keunggulan Pertamax Green 92, BBM Baru Pengganti Pertalite

- 9 September 2023, 18:28 WIB
Ilustrasi pengisian BBM
Ilustrasi pengisian BBM /Dokumen Lifepal/

WARTA PONTIANAK - PT Pertamina (Persero) telah menetapkan spesifikasi alias standar dan mutu Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ramah lingkungan. Yaitu, merilis BBM RON 95 dicampur bahan nabati bioetanol 5% (E5), dan akan mengganti Pertalite menjadi Pertamax Green 92 pada 2024 mendatang.

Etanol yang dinamakan Pertamax Green 95 tersebut merupakan hasil molases tebu dan menjadi bahan bakar nabati terbarukan. Sedangkan Pertamax Green 92 merupakan produk pengganti Pertalite yang dibuat dengan campuran 7% etanol.

Pertamax Green 92 ini dinilai memiliki kadar oktan yang memenuhi syarat ramah lingkungan. Itu berarti, produk ini bisa menekan emisi karbon dan menekan impor gasoline.

Baca Juga: Kabar Gembira untuk Pelaku UMKM : BCA akan Fasilitasi Seribu Sertifikat Halal Gratis, Ini Syaratnya

Seperti diketahui, Pertamax Green 95 memiliki emisi lebih rendah dibandingkan Pertamax dengan RON 92. Angka RON menampilkan tingkat kualitas bahan bakar lewat nilai oktan, semakin tinggi oktannya maka semakin rendah emisi yang dihasilkan.

Dengan begitu, produk ini dapat menjadi solusi pemakaian bahan bakar yang ramah lingkungan. Guna memaksimalkan pemakaian Pertamax Green 92, Benny Fajarai, Co-Founder dan CMO Lifepal.co.id, marketplace asuransi tepercaya yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan beberapa kelebihan Pertamax Green 92.

Lebih Ramah Lingkungan

Pertamina rencananya merilis Pertamax Green 92 pada 2024 mendatang sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), di mana nilai oktan bensin yang boleh beredar minimal 91 (RON 91).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, pihaknya tengah mengkaji meningkatkan kadar oktan bensin bersubsidi Pertalite (RON 90) menjadi RON 92 atau setara Pertamax. Yaitu, dengan mencampur bensin Pertalite (RON 90) dengan Ethanol 7 % (E7), sehingga menjadi Pertamax Green 92.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x