BMKG Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem Curah Hujan Tinggi Hingga Pekan Depan

- 16 April 2024, 13:39 WIB
Ilustrasi- Curah hujan yang tinggi
Ilustrasi- Curah hujan yang tinggi /Antara/

WARTA PONTIANAK - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat luas lebih waspada dengan Cuaca ekstrem dengan peningkatan curah hujan diperkirakan akan terjadi dalam sepekan kedepan.

Dikatakan Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, kondisi ini dipicu aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer. Antara lain aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1445 H pada 10 April 2024, Prediksi Sama dengan Brin dan BMKG

Gelombang ini diprakirakan aktif di sebagian wilayah Sumatra bagian selatan, Jawa bagian tengah hingga timur, dan Bali. NTB, NTT, Kalimantan bagian tengah hingga utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua pun termasuk.

Fenomena alam ini diperkirakan dapat meningkatkan potensi hujan di wilayah tersebut. Masyarakat pun diminta waspada.

Ditambahkan Guswanto, gelombang atmosfer Kelvin juga diprakirakan aktif di wilayah Sumatra dalam sepekan ke depan. Gelombang ini dapat memicu adanya potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Sementara itu, sirkulasi siklonik terpantau berada di Laut Cina Selatan Utara Kalimantan dan Samudra Pasifik utara Papua. Sirkulasi-sirkulasi tersebut membentuk daerah konvergensi memanjang dari Kalimantan Tengah, hingga Kalimantan Barat.

Tidak sampai di situ, konvergensi terus memanjang ke laut Seram. Pun dari Papua Barat, hingga Papua Pegunungan, serta membentuk konfluensi Laut Sulu dan Laut Seram hingga Teluk Cendrawasih.

Labilitas atmosfer pada skala lokal yang terpantau masih cukup kuat, juga mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan. Hal ini terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Halaman:

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah