Pasar.id, Aplikasi yang Membantu Menggerakkan Ekonomi di Tengah Pandemi

- 10 Desember 2020, 18:55 WIB
Kartika Wirjoatmodjo Komisaris Utama Bank BRI, Teten Masduki Menteri Koperasi dan UMKM, Sunarso Direktur Utama Bank BRI dan Handayani Direktur Konsumer Bank BRI
Kartika Wirjoatmodjo Komisaris Utama Bank BRI, Teten Masduki Menteri Koperasi dan UMKM, Sunarso Direktur Utama Bank BRI dan Handayani Direktur Konsumer Bank BRI /Humas BRI/WARTA PONTIANAK/

WARTA PONTIANAK - Pada acara puncak peresmian BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020, juga dilakukan peluncuran produk aplikasi berbasis website yaitu Pasar.id.

Aplikasi ini merupakan bentuk pemberdayaan untuk meningkatkan penjualan pedagang pasar. Pasar.id merupakan sebuah marketplace yang dikembangkan oleh BRI untuk mempertemukan penjual dan pembeli di pasar-pasar tradisional secara digital.

Digitalisasi pasar ini telah dilakukan BRI di 4.547 titik pasar di seluruh Indonesia dan jumlahnya akan terus ditingkatkan pada periode yang akan datang.

Acara peluncuran semakin semarak karena diikuti secara live oleh 383 pasar unggulan diIndonesia yang tergabung dalam pemberdayaan pasar, Pasar.id.

Baca Juga: Konsisten Dorong Pelaku Usaha Melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020

“Saya juga menyambut baik peluncuran Pasar.id yang merupakan inisiatif bank BRI yang telah melakukan digitalisasi pasar di 4.547 titik pasar di seluruh indonesia saat ini dan akan terus meningkat jumlahnya kedepan,” kata Presiden Joko Widodo saat membuka pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 secara virtual dalam keterangan pers yang diterima Warta Pontianak, Kamis 10 Desember 2020.

Dengan Pasar.id, kata Jokowi, membuat transaksi menjadi mudah cashless dan membantu masyarakat berjualan aman di masa pandemi. “Ini sekaligus membantu perekonomian bergerak kembali,” katanya.

Dengan adanya Pasar.id ini maka dapat meningkatkan omset pedagang pasar melalui transaksi digital. Oleh sebab itu juga dilakukan pendampingan pedagang dan pengelola pasar di era new normal melalui gerakan non tunai, salah satunya melalui penggunaan QR utk memudahkan transaksi pembayaran.

Baca Juga: Produktivitas Usaha Pelaku UMKM di Perbatasan Meningkat, Berkat Pasokan Listrik yang Semakin Membaik

Selain itu, Pasar.id dapat meningkatkan keterampilan pedagang dan pengelola pasar dalam mengembangkan usahanya, diantaranya dengan adanya Stroberi Kasir yang membantu pedagang pasar melakukan fungsi kasir, persediaan dan pesanan online.

Halaman:

Editor: Ocsya Ade CP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x